PRESIDEN DAN ILMU SIHIR

Image

PRESIDEN SBY DAN ILMU SIHIR

Oleh: Jum’an

Suatu pagi pada hari Minggu sebelum Pemilu 2009, Ibu Negara Ani Yudoyono sedang duduk-duduk membaca majalah diruang tamu dirumahnya di Puri Cikeas, Gunung Putri, Bogor sementara Presiden SBY sedang sibuk diperpustakaan.Tiba-tiba Ibu Ani menjerit dan memanggil suaminya. SBY berlari untuk mengetahui apa yang terjadi. Ternyata ada asap hitam tebal mengambang dibawah langit-langit, mencoba memasuki kamar SBY. SBY kemudian meminta semua orang yang ada untuk berdoa untuk minta pertolongan Allah. Ia menutup pintu kamarnya tetapi membiarkan pintu-pintu yang lain terbuka lebar. Asap yang berputar-putar itu akhirnya bergerak menuju keluar rumah. “Alhamdulillah. Keluarga saya selamat. Kejadian itu seperti film horror. Tapi ini benar-benar terjadi. Itu nyata” kata SBY dalam bukunya “Selalu Ada Pilihan” dalam bab yang berjudul “Ancaman kepada Presiden dapat mencapai tingkat pembunuhan”. Kisah SBY hampir menjadi korban ilmu sihir diatas muncul dalam beberapa website Luar Negri dengan judul “Presiden SBY mengakui percaya pada Ilmu Sihir (witchcraft). Mungkin karena ilmu sihir, black magic, klenik dan mistik saling berdekatan, berita itu merembet dengan menceritakan bahwa alasan mengapa SBY memilih tinggal di Cikeas adalah karena Istana Negara dianggapnya angker; hanya Presiden Sukarno dan Presiden Abdurrahaman Wahid yang pernah tinggal disana. Bahkan menurut WikiLeaks, pada September 2010, SBY mangkir dari pertemuan AS dan para pimpinan ASEAN yang diselenggarakan di sela-sela Sidang Majelis Umum PBB di New York, karena desas-desus ilmu hitam yang menghantui ruangan gedung pertemuan yang digunakan.

Sihir dilarang dalam Islam. Tetapi banyak dilakukan orang di Indonesia. Banyak orang, termasuk para pemimpin, meminta bantuan peramal untuk melacarkan dengan karir, memperoleh kekayaan dan urusan perjodohan. Tetapi seorang Presiden menceritakan kisah seperti ini kepada publik, belum pernah terjadi sebelumnya. Dikatakan bahwa SBY mungkin merupakan Presiden Indonesia pertama yang mengakui secara terbuka bahwa ia percaya pada ilmu sihir. Sebuah survey tahun 2012 oleh Pew Research Center, yaitu sebuah think-tank Amerika yang melakukan berbagai penelitian pendapat publik untuk memahami sikap dunia terhadap berbagai isu) menunjukkan bahwa 69 % Muslim Indonesia percaya ilmu sihir adalah nyata. Permistikan diantara para pemimpin dunia bukannya tidak sering terdengar. Nancy Reagan yang diduga sangat berpengaruh terhadap suaminya di Gedung Putin, terkenal selalu berkonsultasi dengan seorang peramal. Lebih-lebih di negeri voodoo Haiti. Tetapi pernyataan seperti yang dilakukan SBY manimbulkan pertanyaan yang menarik, misalnya bagaimana kepercayaannya terhadap dunia mistik mempengaruhi bagaimana ia memerintah Negara.

Kepedulian SBY terhadap ilmu sihir tercermin dalam rencana perubahan KUHP dan KUHAP yang telah diajukan oleh Pemerintah. Salah satu pasal dalam RUU itu menyatakan bahwa menggunakan ilmu hitam yang menyebabkan seseorang menderita sakit, penderitaan fisik atau mental diancam hukuman lima tahun penjara atau denda sebesar 300 juta rupiah. Hal yang sama berlaku bagi mereka yang menginformasikan, mendorong atau menawarkan layanan sihir kepada orang lain. Pasal ini dimaksudkan untuk mengatasi kecemasan masyarakat tentang ilmu hitam yang sulit untuk dapat dibuktikan di depan hukum dan untuk mencegah dan mengakhiri main hakim sendiri terhadap seseorang yang diduga mempraktekkan ilmu sihir atau ilmu hitam.

Presiden SBY tidak sendirian dalam upaya untuk melarang penggunaan sihir di negaranya, tahun lalu Mohammed Buqais, seorang anggota Parlemen Bahrain, mengkritik pemerintah negaranya karena tidak berbuat lebih banyak untuk mendidik tentang bahaya ilmu hitam dan sihir. Bugais mengatakan kepada The Gulf Daily News: “Saya belajar di sekolah selama 12 tahun dan bekerja sebagai guru selama 15 tahun, tapi tidak pernah menjumpai subjek yang membahas ilmu sihir atau guna-guna…. Ini berarti pemerintah gagal untuk meningkatkan kesadaran akan bahayanya.” Menjelang Pemilu 20014 Presiden SBY sekali lagi mengingatkan bahaya ilmu sihir dihadapan tiga ribu jamaah dzikir dan pengajian di Cikeas. Beliau menyimpulkan: “Tidak ada yang lebih tepat untuk mengalahkan ilmu sihir, kecuali dzikir”. Dengar dan saksikan sendiri disini!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s