HIDUP KEKAL BERSAMA STEVEN SEAGAL

HIDUP KEKAL BERSAMA STEVEN SEAGAL

Oleh: Jum’an

Ketika harus mengerjakan sesuatu yang bersamaan waktu, sulit atau beresiko hati saya selalu mengeluh: “Jika saya punya badan satu lagi tentu dia yang akan saya suruh mengerjakan”. Saya hanya menirukan pembantu yang saya suruh segera membuat kopi sementara dia sedang repot mencuci pakaian. Jawabnya: “Tunggu Pak! Badan saya kan hanya satu!” Saya perlu seorang duplikat yang dapat saya kendalikan melalui pikiran saya untuk disuruh-suruh, yang dalam bahasa pengguna computer biasanya disebut avatar. Meskipun bagi saya avatar hanyalah peran maya untuk berandai-andai, bagi para ilmuwan avatar merupakan harapan masa depan. Setelah berhasil menciptakan jantung, hati, paru-paru, mata dan tangan buatan yang makin sempurna mereka lalu berharap kelak akan dapat membuat tubuh manusia seutuhnya, lengkap dengan otak beserta syaraf-syaraf dan kecerdasannya. Dengan makhluk buatan itu manusia tidak perlu berangkat kemedan perang sendiri, mengejar teroris, bekerja diruang panas atau tugas darurat apapun. Semua akan dikerjakan oleh pasukan avatar; yang tak perlu gaji dan perumahan. Para penyandang cacat dapat melakukan apa saja melalui avatarnya. Dmitry Itskov pemrakarsa gerakan “Rusia 2045” yakin proyek avatar akan berkembang cepat sehingga sebelum tahun 2045 Rusia sudah dapat membuat tubuh manusia. Saat itu manusia tidak perlu lagi menua: tak ada lagi tulang keropos, kulit keriput atau dagu bergelambir. Bahkan tidak usah mati karena seluruh isi otak termasuk kesadaran atau rohnya -yang menurut mereka adalah gabungan semua informasi dalam otak yang berupa pengetahuan, memori, pengalaman, refleksi dll- bisa direkam dan dipindahkan kedalam tubuh buatan itu. Manusia tidak lagi hanya dapat mengendalikan avatarnya, tetapi pidah kedalamnya untuk tidak mati. Orang boleh pindah kapan saja tidak perlu menunggu tua. Anda dan saya tentu tidak percaya dan menganggap ini fiksi belaka.

Tetapi cita-cita Rusia membuat tubuh manusia itu benar-benar serius. “Russia 2045” digerakkan oleh para ilmuwan ternama seperti Viyacheslav Ryabinnin pencipta hati buatan, Prof. Aleksndr Bolonkin ilmuwan yang menonjol sebagai pencipta mesin-mesin ruang angkasa, pembela keyakinan hidup kekal menggunakan organ tubuh buatan; dan juga Prof. Vitaly Barkovsky dari Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia. Menurut mereka sangat ironis, peradaban modern dengan stasiun ruang angkasa, kapal selam nuklir dan komunikasi modern tidak bisa menyelamatkan manusia dari penuaan, penyakit dan kematian. Padahal bahaya semakin mengancam. Dalam Manifesto mereka dikatakan: Kami percaya bahwa Rusia bisa dan perlu untuk menghentikan proses penuaan dan menghindari kematian. Bahwa sebelum 2045 tubuh buatan akan dapat dibuat dengan fungsi yang lebih baik dan bentuk yang lebih sempurna dari tubuh manusia asli. Orang bebas meneruskan hidupnya dengan menempati tubuh yang baru setelah sumber daya dari tubuh biologisnya habis. Manifesto itu juga menyatakan untuk menegakkan budaya yang sesuai dengan ideology masa depan, mendorong kemajuan teknis, kecerdasan buatan, multi-tubuh , keabadian dan makhluk buatan. Dalam dukungannya terhadap gerakan ini aktor film laga Steven Seagal menulis sebuah surat terbuka kepada Perdana Menteri Rusia Vladimir Putin: “Rusia 2045” akan menggunakan dan mengembangkan teknologi baru yang penting untuk meningkatkan kwalitas hidup dan membuat manusia kekal. Kita akan dapat memulihkan, atau bahkan menciptakan organ-organ tubuh bagi mereka yang menderita atau mati karena penyakit dan luka.

Betapapun hebat dan absurdnya gerakan ini bagi kita, saya tetap yakin bahwa roh atau nyawa itu adah semata-mata urusan Alloh dan bahwa mati tidak akan bisa dihindarkan. Sementara itu hasil jerih payah mereka menciptakan organ-organ tubuh buatan, kita hargai sebagai kemurahan Tuhan melalui keragaman makhluk ciptaanNya. Langkah mereka menuju 2045 sangatlah mengesankan sebelum sampai kepuncak kekecewaan dan kegagalan. Alloh yang maha tahu. Di tanganNya lah tergenggam segala urusan.

One thought on “HIDUP KEKAL BERSAMA STEVEN SEAGAL

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s