TINGGALKAN BUMI ATAU KITA MUSNAH

TINGGALKAN BUMI ATAU KITA MUSNAH

Oleh: Jum’an

Manusia! Kalau kalian sanggup meretas penjuru langit dan bumi terbanglah. Kalian tak akan bisa kalau tidak punya kekuatan. Begitu Alloh menawarkan dalam surat Rohman ayat 33 kepada kita. Yuk kita keluar dari bumi, kata hati saya. Ngapain! Memangnya disana ada sesuatu yang menjanjikan? Apa disana kita akan bebas dari segala penyakit atau kita menjadi panjang umur. Apa disana tidak penuh makhluk asing yang doyan makan manusia, apa disana ada makanan enak? Sedang air dan udarapun belum tentu ada. Ogah ah, dibumi inilah tempat kita. Hangat dan nyaman, ada nikmat ada berkat ada cinta. Lagipula apa kendaraannya, apa bekalnya dan berapa lama perjalanannya.

Tapi bumi terasa semakin panas. Manusia semakin gelisah dan beringas oleh perang dan juga cuaca global yang tak menentu. Makin giat perdamaian diupayakan makin mendalam rasa dendam berakar. Makin cepat kemakmuran dikejar makin meningkat racun dan polusi yang dihasilkan. Stephen Hawking tokoh ilmuwan Inggris, ahli físika teori yang paling terkenal didunia, berkata untuk kesekian kalinya: Tinggalkan bumi atau anda akan menghadapi kemusnahan. Ia mengatakan bahwa masa depan jangka panjang makhluk bumi adalah diangkasa luar. Sulit sekali untuk menghindari bencana diatas bumi dalam seratus tahun mendatang. Saya melihat ancaman besar terhadap umat manusia, katanya. Jumlah manusia yang bertambah secara eksponesial, sumber daya alam yang semakin menyusut, timbunan senjata nuklir, virus-buatan, semuanya mengancam nasib umat manusia. Diwaktu lalu nasib manusia sudah beberapa kali berada diujung tanduk, misalnya waktu krisis Kuba tahun1963. Frekwensi krisis seperti itu akan makin sering terjadi diwaktu mendatang.

Tetapi Stephen Hawking optimis, kalau manusia bisa menghindari bencana dalam dua abad mendatang, ras manusia akan aman dan mampu menyebar keluar angkasa. Ia percaya bahwa kendaraan masa-depan yang sampai saat ini dianggap sebagai bid’ah ilmiah akan bisa diwujudkan. Tentang apa yang saya takutkan kalau-kalau diluar sana penuh dengan makhluk yang doyan makan manusia, Hawking setuju bahwa kehidupan aliens hampir bisa dipastikan ada dan secara matematis rasional. Sebagian mungkin sederhana sebagian lain mungkin cerdas. Ia menganjurkan agar jangan sekali-kali berusaha berhubungan dengan mereka. Ia meramalkan kalau mereka sampai mampir kebumi akibatnya tidak akan beda dengan waktu Columbus menemukan benua Amerika Sama sekali tidak menguntungkan bagi suku asli Amerika. Karena itu hindari, at all cost, jangan main-main dengan makhluk asing.

Ya ma’syarol jinni wal insi…fanfuzuu- (wahai jin dan manusia… tinggalkan bumi), kalau benar saya memahaminya, bagi kita hanya merupakan wacana dan sesuatu yang masih sangat jauh, bagi Stephen Hawking merupakan masalah aktual, bahkan mendesak.

2 thoughts on “TINGGALKAN BUMI ATAU KITA MUSNAH

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s