SRIKANDI KURANG GIZI

SRIKANDI KURANG GIZI

Oleh: Jum’an

Wajah Sri Asih yang melankolik benar-benar mempunyai daya tarik yang magis. Kalau anda menatap kearah matanya yang sayu anda akan tersihir, seolah diajak menyelam kelaut biru yang dalam, sejuk dan damai. Lemah-lembut bagaikan Srikandi dalam tokoh perwayangan. Pasangan ideal bagi pria perkasa yang akan ia dampingi agar halus perasaannya dan santun tingkah lakunya. Sesuai dengan melankoli wajah dan semampai tubuhnya, Sri Asih adalah seorang gadis yang suka sekali prihatin dan tirakat, membatasi makan dan minum kalau perlu nasi putih dan garam saja sudah cukup. Itu akan menjaga dan memperhalus kalbu dan perasaannya. Anda kenal dengan gadis type Sri Asih bukan?

Nanti, jangan dulu terpesona. karena melankolik ada dua. Sedih ada dua dan senangpun ada dua jenis dan asal-usulnya. Tangis sedih anak miskin yang terisak-isak berkepanjangan yang dipicu oleh kekurangan gizi, syaraf kusut dan hormon yang kering. Berbeda dengan tangis pilu seseorang yang kehilangan pasangan hidup yaitu kesedihan yang berasal dari lubuk hati. Demikian pula rasa senang lahiriah karena badan bugar cukup vitamin dan mineral atau oleh karena rangsangan kimiawi dari nikotin atau obat perangsang. Berbeda dengan senang yang datang dari hati pasangan suami istri ketika menyambut kelahiran anak pertama atau nenek menimang cucunya.

Sri Asih mungkin sekedar gadis kurang gizi atau nutrisi yang tidak seimbang sehingga petumbuhan fisik dan mentalnya kurang ideal. Matanya kurang mampu untuk membelalak atau mengerling genit. Wajahnya cenderung menunduk dan nampak sendu. Hanya kemudaan dan vitalitas asli karunia Alloh saja yang menopang daya tariknya. Bahkan memberikan pesona yang lebih. Maklumlah dia itu orang Jawa, konsep prihatin dan tirakat memang sudah merupakan bawaan.

Chemical sadness barangkali merupakan istilah yang cocok untuk menengarai melankoli diwajah Sri Asih. Seandainya saja asupan mineral dan vitamin kedalam tubuhnya cukup dan bervariasi mungkin wajahnya nampak ceria dan menjadikan sorot mata lebih berbinar. Dalam perbendaharaan gizi, ada garam-garam mineral seperti kalium pospat yang dalam iklan obat disebut sebagai nutrisi syaraf.

Jangan-jangan perasaan bernasib kurang baik yang kadang-kadang muncul dalam pikiran kita tidak lebih dari chemical sadness juga. Dosa apa gerangan yang menyebabkan nasib saya begini menyedihkan. Hati dan pikiran rasanya kelabu, gelap dan tertutup untuk berusaha. Kamu kurang gizi tahu…………….

One thought on “SRIKANDI KURANG GIZI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s