BENARKAH UANG HARAM MEMBAWA SIAL?

BENARKAH UANG HARAM MEMBAWA SIAL?

Oleh: Jum’an

Saya datang terlambat lebih dari satu jam dipengajian hari Mingu kemarin. Ternyata acara baru saja dimulai. Sambil menyambut kedatangan saya tuan rumah mengatakan bahwa dia sempat merasa panik karena sudah satu jam lewat, baru satu orang yang muncul. Padahal ia sudah menyiapkan cukup banyak makanan. Mengetahui hal itu tamu pertama yang datang menegur sambil bercanda: ”Uangmu halal atau tidak? Hati-hati lho, mengundang

pengajian dengan uang haram bakalan tidak ada yang datang”.

Belum lama ini seorang karyawan dikantor saya mencurigai hal yang serupa:

”Dosa apa kita ini ya Pak?. Semua urusan sederhana kok menjadi ruwet dan berbelit-belit. Apa gara-gara uang kita uang panas?

Benarkah uang haram bisa menyebabkan sial dalam usaha? Entahlah. Yang jelas saya bertemu banyak orang yang mengatakan seperti itu. Rasanya diam-diam saya juga mempercayainya. Tetapi biasanya saya bantah sendiri: Memangnya Tuhan hanya menjamin keberhasilan duniawi untuk orang-orang yang beriman? Apakah para pemilik multinational corporation, pabrik-pabrik pesawat terbang serta bank-bank besar itu orang-orang yang saleh? Bukankah bom-bom yang telah membunuh rakyat Gaza sebagian adalah sumbangan dari Starbucks Coffee, usaha sukses yang sebagian kita juga menjadi penggemarnya?

Tetapi saya mempunyai dugaan bahwa perasaan dan sikap memiliki uang halal berbeda dengan perasaan memiliki uang yang diperoleh dengan cara selingkuh. Begitu juga dampak asal-usul uang itu terhadap pemiliknya tentu berbeda. Bukan hanya uang, tetapi mungkin harta ataupun kekuasaan.

Makin banyak bukti yang menunjukkan bahwa manusia ternyata rentan terhadap berbagai pengaruh, bahka dari hal-hal yang hampir tidak ada hubungannya sama sekali. Majalah British Journal of Educational Psychology edisi awal tahun ini memuat laporan hasil penelitian dari para psikolog dari Unversitas Missiouri, bahwa siswa-siswa yang diberikan ujian diatas kertas bertanda F selalu hasilnya lebih buruk dari mereka yang memperoleh soal diatas kertas bertanda A atau yang lain. Huruf F ternyata memancing kegagalan (failure) dari para pengikut ujian yang IQ nya mungkin sama atau bahkan lebih tinggi. Kalau sekedar tanda ”F” diatas kertas ujian saja dapat berpengaruh negatip terhadap hasil ujian dari seorang siswa, apalagi status haram dari uang yang kita miliki.

Saya jadi ingat lagi tentang uang haram yang tidak akrab dengan jamaah pengajian dan urusan perusahaan yang terseok-seok terjerat seribu rintangan karena sumber uangnya yang mungkin berwarna abu-abu. Benarkah begitu?

Entahlah. Saya lebih sering percaya, tapi kalau bertemu dengan teman-teman yang tidak, saya korbankan kepercayaan saya itu. Selama uang yang saya miliki halal (insyaalloh) saya lebih suka bolak-balik membahasnya untuk meperhangat persahabatan sambil meramaikan majlis kenduri.

One thought on “BENARKAH UANG HARAM MEMBAWA SIAL?

  1. Ku termasuk yang takut dapat rizki g jelas, wakil kepala sekolahku pernah bilang gini ketika aku yang tanpa sadar mengumpulkan ribs yg tidak termasuk yg wajib dikreseki untuk dibagikan ke sekitar sekolah ketika idul adha 2 thn lalu. Beliau bilang harta yg seperti itu jika dimakan oleh anak kita nantinya anak kita akan sulit di nasehati, ilmu pelajaran juga sulit di masuki k otak, suami atau istri kita juga sulit dipahamkan. Since that time saya lebih hati2 lagi, apakah itu sugesti? we’ll never know.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s