YANG MURNI YANG RAPUH

YANG MURNI YANG RAPUH

Oleh: Jum’an

Tsurukawa adalah seorang anak muda tampan yang nyantri menjadi calon pendeta di kuil Rokuonji, dalam novel Kuil Kencana (The Temple of Golden Pavilion) karya satrawan Jepang Yukio Mishima. Ia merupakan pribadi yang penuh iktikad baik, berhati cerah, jernih dan tanpa dosa. Anak orang kaya dan pandai bertutur kata. Dari penampilannya saja orang sudah memperoleh kesan yang baik . Dalam kisah ini Tsurukawa meninggal dalam sebuah kecelakaan, meskipun belakangan ternyata bahwa sebenarnya dia bunuh diri.

Mizoguchi peran utama yang mewakili sang pengarang, menggambarkan bahwa mustahil untuk menyelamatkan Tsurukawa dari maut, karena ia yang hidupnya terdiri dari unsur-unsur murni, memilki kerapuhan seekor hewan yang berdarah murni. Sudah pada tempatnya , jika ia yang hidupnya merupakan bangunan murni yang tiada tara mengalami kematian karena kecelakaan, seperti sehelai kaca yang pecah tertabrak, karena bening dan tak kelihatan.

Benarkah orang jujur dan innocent seperti Tsurukawa rawan terhadap bahaya? Mungkin benar karena kepribadian seperti itu ibarat pintu kaca tanpa noda dan tanda, tidak nampak dimata orang yang lalu-lalang. Dengan kata lain mereka tidak mempunyai bahasa untuk menghadapi kenyataan.

Emas murni 24 karat terlalu lentur dan mudah bengkok bila dibuat perhiasan. Kalah oleh emas 22 karat yang kurang murni. Ia lebih keras dan tidak lembek. Anda tahu kan bahwa emas 22 karat harganya lebih mahal dari yang 24 karat?

Demikian pula besi murni, tidak sekuat baja. Padahal baja adalah 99% besi juga yang dibumbui 1 % Carbon. Apalagi kalau ditambah bumbu 10% Chromium, namanya menjadi stainless steel yang tidak akan berkarat seperti besi murni.

Gas oksigen yang sangat vital untuk pernafasan kita hanya merupakan seperlima dari kandungan udara yang kita hirup dan empat perlima sisanya adalah zat lemas atau Nitrogen. Bernafas dengan oksigen murni akan mengakibatkan hyperoxia atau keracunan oksigen dan itu merusak syaraf kata dokter.

Jangan pula meminum air murni. Air yang disuling akan kehilangan bahan mineral yang dibutuhkan tubuh. Minum air murni, meskipun lebih jernih dari air sumur jelas tidak sehat. Jadi murni bisa berarti rapuh, lembek bahkan toxic.

Anak-anak hasil perkawinan lintas ras secara umum lebih sedikit menghadapi masalah kesehatan dibanding anak-anak hasil perkawinan suku turun temurun.

Rasululloh pun tahu itu – dan menganjurkan kita untuk menikah dengan wanita yang jauh agar memperoleh keturunan yang sehat.

Tetapi kenyataannya pemujaan terhadap kemurnian suku atau trah masih tetap merupakan penyakit dunia. Entah sampai kapan. Bahkan anjing trah- pure bred dog – hewan yang dianggap berdarah murni, diberi sertifikat (stamboom), dihargai mahal dan dibuatkan induk organisasi, meskipun menurut Mizoguchi mereka itu…. rapuh.

Mimpi Hitler untuk mendominasi dunia melalui kemurnian ras Aria yang dia anggap super, masih tetap diteruskan oleh kelompok neo-nazi sampai sekarang.

Supremasi kulit putih Amerika juga selalu nampak setiap kali ditutup-tutupi dan dibantah. Meskipun, sebagai mana kita lihat, dominasi penyanyi rap dan para petinju justru dipegang oleh orang-orang berkulit hitam………..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s