KANAN DAN KIRI MEMANG BEDA

KANAN DAN KIRI MEMANG BEDA

Oleh: Jum’an

Tentu saja, dari dulu kanan dan kiri memang beda bahkan saling berlawanan. Kanan adalah arah kalau kita berjalan kebarat lalu berbelok keutara. Kiri adalah arah bila kita berjalan kebarat lalu berbelok ke selatan. Atau, kiri adalah letak tangan yang sepihak dengan jantung dan kanan adalah letak tangan yang sepihak dengan hati. Kecuali bagi bayangan anda dalam cermin. Kalau benar-benar ada orang seperti itu, jantungnya ada disebelah kanan. Anda menghadap kebarat, jantung anda disebelah selatan sedangkan bayangan anda dalam cermin menghadap ketimur tetapi jantungnya disebelah selatan juga.

Seorang tukang bubut dengan mudah memahami instruksi untuk membuat sebuah sekrup dengan ulir yang arah putarannya kekanan atau kekiri. Untuk melihat hasilnya keliru atau tidak, sesuaikan saja dengan pengertian kiri dan kanan seperti diatas.

Tetapi instruksi sederhana itu tidak mudah difahami oleh misalnya (ini fiksi) seorang tukang bubut dari planet Mars, yang utara- selatannya berbeda dengan bumi dan letak jantung tukang bubut itu belum tentu didada kiri seperti kita.

Ternyata tidak mudah membuat istilah yang bisa difahami secara universal – karena bahasa yang kita miliki memang sekedar bahasa manusia bumi.

Robert Frisch, ahli fisika atom dan Professor Filsafat dari Universitas Cambridge dapat menerangkan bagaimana memberi instruksi membuat sekrup ulir kanan yang mudah difahami oleh tukang bubut dari Mars itu.

Ilustrasi itu merupakan bagian dari komentarnya mengenai penemuan yang menggemparkan dari ahli fisika nuklir yang termasyhur Dr. Chien Shiung Wu (1912 – 1997) dari Columbia University.

Dalam eksperimennya ditahun 1957, wanita pemenang Nobel dan penerima 40 penghargaan ilmiah internasional ini mendapati bahwa elektron-elektron yang dipancarkan oleh zat radioaktif Cobalt 60 menyebar tidak sesuai dengan kaidah symetri hukum alam yang merupakan keyakinan dasar para ahli fisika saat itu. Dalam eksperimen itu Cobalt 60 diletakkan diantara dua kutub magnet yang sangat kuat. Elektron yang dipancarkan, pada suhu super-dingin, bukannya meyebar kesemua arah sebagaimana seharusnya, tetapi justru menuju kesatu arah yaitu kekutub utara magnet.

Para fisikawanpun tercengang dan tidak menduga hal itu bisa terjadi dan secara serentak mengumandangkan adzan: ”Ini kitab suci baru, ini sabda baru. Bagaimana dengan kitab suci kita yang lama………….. kita tinggalkan?”

Dr. Chien Shiung Wu atau Madame Wu atau “First Lady of Physics” atau “Madame Curie of China” telah membuktikan bahwa alam ternyata tidak tunduk kepada akal sehat . Intuisi para fiskawanpun tergoncang menhadapi dilemma seperti ini.

Kenapa hukum alam membeda-bedakan antara kiri dan kanan. Kenapa elektron-elektron itu memilih untuk tunduk kepada kutub utara? Bukankah seharusnya tidak boleh begitu? Madam Wu telah membuka pintu ke era post modern dalam ilmu fisika, karena asas symetri bagi hukum alam telah runtuh.

Masih mau mendengar instruksi Robert Frisch untuk membuat sekrup ulir kanan berapapun biayanya? Minta saja tukang bubut Mars kita untuk melaksanakan eksperimen Wu. Kutub maknit tempat berkumpulnya elektron dari Cobalt 60 itulah yang namanya kutub utara. Sesudah dapat menandai kutub utara, mari kita ajari dia mengenal mana kanan mana kiri. Itu mudah. Ikutilah petunjuk praktikum siswa STM Listrik untuk membuat elektomagnet. Mereka tahu hubungan antara arah lilitan kumparan yang mereka buat dengan kutub-kutub magnet yang akan terbentuk. Untuk membuat sekrup ulir kanan, contoh saja arah lilitan kumparan itu. Begitu saja kok repot….

(Sumber: Everything about Madame Wu)

Iklan

Satu tanggapan untuk “KANAN DAN KIRI MEMANG BEDA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s