TAWAR MENAWAR NYAWA

TAWAR MENAWAR NYAWA

Oleh: Jum’an Basalim


Saya ingat ketika kalimat ini diucapkan oleh seseorang yang saya kenal cukup dekat: ”Akan saya jual semua yang saya punya demi kesembuhan anak saya ini” Itu adalah kalimat yang diucapkannnya ketika anaknya harus menjalani perawatan dirumah sakit yang diperkirakan akan makan waktu lama dan entah berapa biayanya. Sesudah cukup lama proses perawatan berjalan, bapak itu seperti memperoleh tuah mimpi nabi Ibrahim. Dia tidak sampai harus menjual rumahnya – sebagaimana nabi Ibrahim tidak harus menyembelh anaknya – datanglah berbagai pertolongan sehingga perawatan anaknya dapat diteruskan sampai selesai, sembuh dan sehat wal-afiat sampai sekarang.

Dizaman kesehatan sangat mahal sepertti sekarang ini, orang kota banyak yang resah menghadapi peristiwa seperti itu. Baik kalau kita sendiri maupun anggota keluarga kita yang sakit. Ada sejumlah penyakit yang nauzubillah biaya perawatannya, karena makan waktu lama, operasi dengan peralatan canggih atau tepaksa dirawat diluar negeri.

Kalau kita tidak sanggup, padahal itu satu-satunya jalan, bukankah itu berarti kita terpaksa mebiarkan keluarga kita mati? Kalau mereka menghabiskan harta demi kesembuhan kita, tetapi nyawa kita tak terselamatkan, bukankah kematian kita meninggalkan mereka dalam kemelaratan?

Kalau sesudah melalui perhitungan dan pemikiran yang matang kita putuskan untuk menghentikan saja perawatan, alangkah kasihannya nasib anak kita?

Tawar menawar mobil memang mudah: ada uang kita beli tidak ada uang kita cari yang lain. Tapi tawar menawar nyawa adalah urusan spiritual tidak ada kursnya untuk dikonversi kedalam rupiah atau dolar. Jawabannya mungkin mesti dicari dalam hati nurani dan petunjuk Alloh………..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s